http://www.ansor-lamongan.com
15-05-2017 | Dibaca : 676 pembaca

Ansor Lamongan Gelar Pelatihan Menyelam dan Simulasi Penyelamatan Korban

bagana ansor lamongan, bagana, banser tanggap bencana, banser lamongan, ansor lamongan

Sekaran, Guna meningkatkan kualitas serta ketrampilan para anggotanya, Pimpinan Cabang GP Ansor bersama Satkorcab Banser Lamongan mengadakan “Pelatihan Menyelam dan Simulasi Penyelamatan Korban”. Jum'at (12/05/17) di Rowo Sekaran. Acara ini diikuti oleh 30 Anggota Banser Tanggap Bencana (BAGANA) Lamongan dengan mendatangkan pelatih dari Kodikopsla Kobangdikal TNI Angkatan Laut Pelda Eko Stiawan serta Bpk (Purn) Gatot dari Komando Pasukan Katak Armatim Surabaya.

Dalam materinya, Eko Stiawan menyampaikan beberapa hal terkait jenis dan cara penggunaan alat menyelam sekaligus teori keselamatan yang wajib dilakukan oleh para penyelam. Setelah selesai pemaparan, Eko Stiawan mempraktekan langsung theori yang disampaikan tadi dan satu persatu diikuti oleh oleh para peserta ”didalam kesempatan yang mulia dan singkat ini, kami hanya menyampaikan ilmu dasar serta theori keselamatan yang wajib diketahui oleh para penyelam. ujar Eko.

Bila ketua Ansor Lamongan bersedia mengadakan pelatihan lanjutan pasca ini, kami bisa mendatangkan tim pelatih yang lebih banyak lagi dan dengan alat yang lebih lengkap. sambung Eko.

Minimal dibutuhkan waktu dua hari untuk hasil yang lebih maksimal, satu hari untuk penyampaian materi, satu hari untuk praktek. Setelah theori dan praktek dijalani oleh seluruh peserta, kami akan mengeluarkan sertifikat Nasional Resmi dari Pusdiklat kami, bagi peserta yang telah menjalani uji materi dan praktek dan kami nyatakan lulus. pungkas Eko.

didalam sambutan apel penutupan acara ini, Bpk Gatot dari KOPASKA menyampaikan pentingnya kita menguasai ketrampilan menyelam. “di kabupaten Lamongan ini, industri yang membutuhkan tenaga para penyelam sudah mulai banyak, sedangkan para penyelam yang bersetifikat di Lamongan hampir tidak ada. Disamping untuk pengabdian, jadikanlah kegiatan menyelam ini sebagai profesi. Upah profesi lain umpamanya 100 ribu, upah para penyelam bisa mencapai 10 kalilipat profesi lain” Pungkas Gatot.

Dalam kesempatan wawancara kami dengan Muhammad Masyhur, ketua Ansor Lamongan menanggapi tawaran tindak lanjut acara ini, Masyhur mengungkapkan akan segera mengadakan rapat pengurus dijajaranya. “kami akan segera mengadakan rapat tindak lanjut kegiatan ini, kami bersama jajaran satkorcab Banser Lamongan bertekad membentuk dan mematangkan kemampuan para anggota Satuan Unit Khusus hingga akhir tahun 2017 ini. Hari ini kami mulai mematangkan kemampuan Unit Banser Tanggap Bencana (BAGANA) setelah ini yang kami garap Unit Banser Maritim (BARITIM). Sedangkan Satuan Unit Khusus seperti Banser PROVOST dan Unit Banser Lalu Lintas ( BALANTAS ) sudah terbentuk tahun lalu. Sedangkan tahun depan (2018) kami akan mulai mengorbitkan  Satuan Unit Khusus Banser Banser Penanggulangan Kebakaran (BALAKAR) serta Unit Banser Husada ( BASADA )”. Pungkas Masyhur.

Sumber :
Kalender Kegiatan
December 2018
Mon
26
Tue
27
Wed
28
Thu
29
Fri
30
Sat
1
Sun
2
Mon
3
Tue
4
Wed
5
Thu
6
Fri
7
Sat
8
Sun
9
Mon
10
Tue
11
Wed
12
Thu
13
Fri
14
Sat
15
Sun
16
Mon
17
Tue
18
Wed
19
Thu
20
Fri
21
Sat
22
Sun
23
Mon
24
Tue
25
Wed
26
Thu
27
Fri
28
Sat
29
Sun
30
Mon
31
Tue
Wed
Thu
Fri
Sat
Sun
TOKOH
KH. Muslim Rifai Imampuro atau yang akrab dipanggil Mbah Liem adalah kiai yang bersahaja, nyentrik, sering berpenampilan nyeleneh dalam menghadiri acara-acara, dan saat menyampaikan pidatonya di .....
©2015 - http://www.ansor-lamongan.com
All rights reserved
PC GP Ansor Lamongan
Jl. Pahlawan No.104 A Tumenggungan Lamongan 62214, Lamongan, Jawa Timur
Tlp :
Email : pcansorlamongan@gmail.com - admin@ansor-lamongan.com - ansornews.lamongan1926@gmail.com